Peran Krusial Panwaslu dalam Menjaga PILKADA 2024 Jujur dan Adil

14 Febuari kemarin Negara Indonesia sudah melewati masa yang krusial kita sebagai Rakyat Indonesia Dimana kita harus menentukan siapa yang akan memimpin Negara Indonesia. Terpilihlah Bapak Prabowo Subianto sebagai Presiden Negara Republik Indonesia Secara Jujur dan Adil. Sekarang kita di benturkan kembali dengan PILKADA 2024 yang akan di langsungkan sebentarkan lagi pada tanggal 27 November 2024, kita kembali harus memilih siapa yang layak menjadi Bupati dan Wakil Bupati, Gubernur dan Wakil Gubernur, dan Walikota dan Wakil Walikota.

Pada kesempatan tersebut ada satu Lembaga yang akan mengawal dan mengawasi PILKADA 2024 yaitu, Panwaslu apa sih Panwaslu itu, kenapa begitu sangat penting kehadiran Lembaga ini Mengawal dan Mengawasi PILKADA 2024.

Panwaslu, atau akronim dari Panitia Pengawas Pemilihan Umum, merupakan Lembaga penyelenggara pemilu yang bertugas mengawasi penyelenggaraan PILKADA 2024 agar berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan asas demokrasi.

Kenapa Lembaga Pawaslu menjadi sangat penting, Panwaslu berwenang mengawasi seluruh Tahapan PILKADA 2024, mulai Pendaftaran Peserta PILKADA 2024, Kampanye, Pemungutan Suara, hingga perhitungan suara. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya pelanggaran yang dapat merusak kredibilitas PILKADA 2024.

Panwaslu tidak hanya mengawasi, tapi juga aktif dalam melakukan pencegahan pelanggaran PILKADA 2024. Hal ini dilakukan melalui berbagai uapaya, seperti sosialisasi kepada Masyarakat, kooridnasi kepada stakeholder terkait, dan penerbitan imbauan.

Apabila terjadi pelanggaran, Panwaslu memiliki kewenangan untuk menyelidiki dan memutus perkara. Putusan Panwaslu dapat berupa Imbauan, Saran Perbaikan, hingga rekomendasi kepada KPU untuk menjatuhkan sangsi.

Panwaslu juga berperan dalam melindungi hak Pemilih agar dapat menggunakan haknya dengan bebas tanpa rasa takut akan kehilangan hak suaranya. Hal ini dilakukan dengan cara menerima dan menindaklanjuti laporan dari Masyarakat terakit pelanggaran hak pilih.

Peran Masyarakat sangat lah penting untuk Panwaslu, Masyarakat bisa melaporkan dugaan pelanggaran kepada panwaslu setempat apabila terjadi pelanggaran yang terjadi. Panwaslu akan sangat terbantu bila ada Masyarakat yang memberikan kepada panwaslu agar pelanggaran ini bisa ditangani dengan cepat dan tepat. 

Lebih baru Lebih lama